Langsung ke konten utama

DAILY 9

      Hallo gais. Hari pertama pada minggu ke-3 saya praktek di dapur. Pada minggu ini, kami masih mencoba membuat roti croissant dan Roti Sourdough yang sempurna. Tapi, untuk kali ini, kita harus membuat croissant dari resep, persis di resep mulai dari waktu pencampuran, waktu istirahat sampai semua selesai harus mengikuti resep. Jadi, pak Ical menunjukkan langkah demi langkah cara membuat croissant terlebih dahulu dan setelah itu kami akan membuat oleh masing-masing tim.

     Untuk selanjutnya, mr. Ical juga menunjukkan cara membuat roti sourdough, tetapi tidak semua mahasiswa dapat membuat roti sourdough karena kita harus memiliki levain terlebih dahulu yang harus kita buat sampai 6 hari sebelum membuat roti sourdough. Jadi siswa yang tidak memiliki levain, harus membuat levain terlebih dahulu dan mencapai hingga 5 atau 6 hari. Setelah pak Ical menunjukkan proses pembuatannya. Setelah itu, Kami mulai membuat croissant terlebih dahulu, dan kemudian siswa yang memiliki levain akan membuat roti SourDough.

     Kami membuat croissant sampai langkah adonan resting, karena kami perlu mengistirahatkan dough semalaman sebelum melaminasi croissant fat. Setelah itu, kita akan mulai membersihkan area pastry dan bakery. Saat area dapur bersih kita briefing dan pulang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :