Langsung ke konten utama

DESCRIBES SOME INGREDIENTS

1. Tepung Terigu

Hasil gambar untuk tepung terigu

Tepung terigu adalah bahan (bubuk) yang terbuat dari penggilingan gandum yang dapat digunakan untuk dikonsumsi oleh manusia. Biasanya terigu dipakai sebagai bahan dasar dala pembuata kue dan roti. Adapun bahasa lain terigu yaitu trigo (portugis) yang berarti gandum.
Kandungan gizi tepung terigu :

Jumlah Per 100 g :
Kalori (kcal) 364
Jumlah Lemak 1 g 
Lemak jenuh 0,2 g 
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g 
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g 
Kolesterol 0 mg 
Natrium 2 mg 
Kalium 107 mg 
Jumlah Karbohidrat 76 g 
Serat pangan 2,7 g 
Gula 0,3 g 
Protein 10 g 
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 15 mg Zat besi 1,2 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 22 mg

Sifat yang dimiliki tepung terigu yaitu kemampuan dalam membentuk gluten pada adonan membuat adonan elastis dan tidak mudah hancur pada proses pemasakan hingga pencetakan. Kualitas terigu yang dikehendaki yaitu memiliki kandungan air 14%, kandungan protein 8-12%, kandungan abu maksimal 0,60%, dan gluten basah 24-36% (Astawan, 2004). 

Gluten pada tepung terigu terbentuk ketika tepung terigu dicampurkan dengan air. Gluten terbentuk dari dua kompleks yang dikenal sebagai gliadin dan glutenin. Glutenin membantu terbentuknya kekuatan dan kekerasan adonan. Gliadin lebih lembut dan liat sehingga mempengaruhi elastisitas adonan (Widianto dkk., 2002). 

Berdasarkan kandungan gluten, tepung terigu dapat dibagi menjadi 3 macam, yaitu : 
A. Hard flour merupakan tepung dengan kandungan protein sebesar 12%- 13%. Tepung ini dihasilkan dari penggilingan gandum keras dan biasa digunakan dalam pembuatan roti dan mie dengan tingkat kekenyalan yang tinggi.
B. Medium hard flour, merupakan tepung dengan kandungan protein 9,5%- 11%. Tepung ini dihasilkan dari pencampuran hasil penggilingan gandum 8 keras dan gandum lunak. Tepung jenis ini cocok digunakan dalam pembuatan kue basah, roti, dan mie.
C. Soft flour, merupakan tepung dengan protein sebesar 7 - 8,5%. Tepung ini dihasilkan dari penggilingan gandum lunak. Penggunaan tepung yaitu sebagai bahan pembuatan berbagai jenis kue dan biskuit yang teksturnya tidak terlalu mengembang


2. Tepung Jagung (Tepung Maizena)

Hasil gambar untuk tepung jagung

Tepung maizena merupakan tepung yang terbuat dari jagung. Tepung ini memiliki kegunaan umum yaitu untuk membuat sup, saus, atau kuah masakan lainnya menjadi lebih kental. 

Kandungan gizi tepung jagung :

Jumlah Per 100 g :
Kalori (kcal) 381
Jumlah Lemak 0,1 g 
Lemak jenuh 0 g 
Lemak tak jenuh ganda 0 g 
Lemak tak jenuh tunggal 0 g 
Kolesterol 0 mg 
Natrium 9 mg 
Kalium 3 mg 
Jumlah Karbohidrat 91 g 
Serat pangan 0,9 g 
Gula 0 g 
Protein 0,3 g 
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 2 mg Zat besi 0,5 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 3 mg

Tepung jagung atau tepung maizena terdiri dari rantai panjang molekul pati dan ketika dipanaskan pada suatu larutan maka akan menimbulkan kondisi kental atau membuat campuran larutan tersebut akan mengental. Pengentalan ini terjadi karena adanya reaksi penggumpalan atau penyerapan air atau proses gelatinase ke dalam cornstarch atau tepung maizena tersebut. Karena kondisi tersebut maka perlu diperhatikan untuk menyimpan cornstarch atau tepung maizena ini senantiasa berada dalam kemasan atau wadah yang kedap air. Selain cornstarch atau tepung maizena juga harus dijauhkan dari area atau kondisi panas yang ekstrim. Apabila cornstarch atau tepung maizena disimpan dalam wadah tertutup dan di tempat yang sejuk dan kering maka cornstarch atau tepung maizena akan bertahan sangat lama.


Hasil gambar untuk tepung beras

Tepung ini dibuat dari beras yang digiling/dihaluskan. Warnanya putih, bila diraba dengan jari, tepung beras akan terasa lembut lembut dan halus dibandingkan dengan tepung ketan. Biasa digunakan untuk penganan tradisional. Tepung Beras adalah salah satu bahan makanan yang sudah banyak digunakan untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat baik hidangan asin maupun hidangan manis. Tepung beras ini adalah salah satu jenis tepung dari beras yang dibuat dengan cara ditumbuk atau di giling. Tepung beras berbeda dengan Pati beras yang pada awalnya di buat dengan merendam beras dalam larutan alkali.

Kandungan gizi tepung beras :

Jumlah Per 100 g :
Kalori (kcal) 365
Jumlah Lemak 1,4 g 
Lemak jenuh 0,4 g 
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g 
Lemak tak jenuh tunggal 0,4 g 
Kolesterol 0 mg 
Natrium 0 mg 
Kalium 76 mg 
Jumlah Karbohidrat 80 g 
Serat pangan 2,4 g 
Gula 0,1 g 
Protein 6 g 
Vitamin A 0 IU Vitamin C 0 mg
Kalsium 10 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 35 mg


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :