Langsung ke konten utama

DAY 4 ( INDONESIA )

        Halo guys, ini blog keempat saya diminggu ini. Saya akan kembali menceritakan kegiatan saya hari ini dikitchen. Hari ini saya berangkat lebih awal lagi dari rumah jam 06.25. Setibanya saya dikampus saya langsung mepersiapkan diri saya untuk masuk dalam kitchen, pada jam 07.30 kami oneline didepan kitchen untuk diabsen satu persatu dan pemeriksaan alat dan penampilan. Setelah itu kami masuk kekitchen dan menyimpan tas kami diloker dan oneline kembali dimain kitchen. sebelum prepare supervisior menjelaskan sedikit tentang apa yang akan kami buat hari ini.


        Pada jam 08.15 kami mempersiapkan bahan untuk breakfast sesuai dengan kelompok yang sudah bagikan. Untuk hari ini kami akan membuat Indonesia breakfast/buffet service. Kemudian kami membuat breakfast sesuai dengan kelompok kami yaitu bubur ayam dan potongan buah-buahan. Pada jam 10.30 kami melakukan open restoran, kemudian setelah makanan keluar kerestoran saya dan teman saya menghandle buffet dan menjelaskan apa yang saya buat. Kami bekerja dengan baik hingga makanan sold out, setelah itu pada jam 11.30 kami sudah close order.


        Kemudian pada jam 12.00 kami melakukan cleaning area. Setelah itu kami istirahat dan makan bersama. setelah makan kami kembali oneline dipastry area dengan jurusan administrasi perhotelan untuk pembagan kelompok untuk general cleaning dan saya dapat kelompok untuk membersihkan area main kitchen. Pada jam 15.18 kami isirahat sejenak sambil menunggu chef Faisal, beberapa saat kami oneline dan chef Faisal menjelaskan tentang apa yang kami buat hari ini, setelah itu kami berdoa terlebih dahulu dan pulang.



A. Bubur ayam
  • Chicken             1,2 gr
  • Vegetable oil     2 tbsp
  • Shallots             50 gr
  • Garlic                30 gr
  • Bay leave          3 leaves
  • Lemon grass     1 stalk
  • Grain rice          300 gr
  • Chicken stock   1,5 l
  • Salt                    as needed
  • Crushed black pappercorns    as needed
For topping
  • Shredded chicken        800 gr
  • Chicken spice paste     2 tbsp
  • Vegetable oil                1 tbsp
  • Spring onion                50 gr
  • Celery leaves, sliced    50 gr
  • Bird's eye chilies         15 gr 

B. Potongan buah
  • Pinnaple          250 gr
  • Melon              250 gr
  • Mango             250 gr
  • Apel                10 bh
  • Papaya            250 gr





Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :