Langsung ke konten utama

DAY 1

UTENSIL
1. Cleaver knife

Cleaving knife adalah pisau yang biasa digunakan para chef terkenal di Tiongkok yang berfungsi untuk mencincang makanan,  sayuran dan memotong tulang daging yang besar karena bentuknya yang lebar.  Pisau ini terbuat dari stainless steel dan dibersihkan dengan cara menggunakan air sabun dan dibilas hingga bersih. 

2. Slicing knife


Slicing knife adalah pisau yang memiliki bentuk yang runcing. Pisau ini berguna untuk mengiris daging atau ikan yang tipis karena memiliki mata pisau yang tajam. Pisau ini terbuat dari stainless steel serta  membersihkannya menggunakan air sabun dan dibilas dengan air bersih.

3. Chef knife

Chef knife adalah pisau serbaguna karena dapat memotong apa saja. Pisau ini terbuat dari stainless steel. Cara membersihkannya menggunakan air sabun dan dibilas hingga Bersihkan. 


EQUIPMENT 

1. Stove 


Stove adalah alat prantara untuk memasak bahan  makanan. Stove terbuat dari besi,  baja maupun stainless steel dan cara membersihkannya dilap dengan kain basah atau diberikan chemical.  

2. Oven

Oven merupakan alat pemanggang yang berupa pemanggan electric maupun menggunakan gas LPG yang diletakkan diatas baja yang dipanaskan dalam wadah tertutup, pemanggangan biasa digunakan untuk pembuatan pizza atau lainnya. Oven terbuat dari besi dan cara membersihkannya cukup dilap dengan kain basah untuk bagian luarnya dan untuk bagian dalamnya menggunakan air sabun serta dibilas dengan air bersih.

3. Tilting pan
Tilting pan adalah alat yang digunakan mengoreng atau membuat masakan dalam jumlah yang banyak, alat ini berbentuk segi empat yang besar dan sumber panasnya berasal dari listrik maupun gas.  Tilting pan terbuat dari stainless steel dan cara membersihkannya cukup dengan dilap basah bagian luarnya dan untuk bagian dalamnya menggunakan air sabun dan dibilas dengan air bersih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :