Langsung ke konten utama

FOOD TERMINOLOGI

1. Anpan Bread ( Japanese sweet bread) 


An-pan tercipta pada tahun 1874, oleh pemilik roti kimuraya di distrik Ginza Tokyo. awalnya Kimura Yasube'e, nama pemilik toko tersebut mencoba untuk membuat roti yang sesuai dengan selera orang Jepang. Kemudian dengan mengambil ide dari manju kukus yang merupakan makanan khas Jepang, didapatlah roti yang lembut, manis, mudah dimakan dan cocok pula dengan selera orang Jepang.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Anpan

2. Bara Brith Bread



Bara Brith mendapatkan namanya dari bahasa Welsh , "bara" yang berarti roti dan "brith" diterjemahkan sebagai berbintik-bintik. Hal ini diklaim telah ditemukan oleh koki Welsh yang menambahkan buah kering dan rempah-rempah ke adonan roti, menciptakan versi pertama dari roti teh tradisional Welsh. [1] Ini kemudian digunakan sebagai coloqiualism - untuk "di atas bumbu Bara Brith" berarti melakukan sesuatu secara berlebihan.

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bara_brith

3. Bing



Bing adalah makanan Cina berbasis tepung terigu dengan bentuk yang diratakan atau berbentuk seperti disket, mirip dengan konsepgalet Prancis . Makanan ini mungkin menyerupai roti lapis datar , kue dadar , dan makanan adonan tidak beragi dari masakan non-Cina dan barat. Banyak dari mereka mirip dengan roti India, crêpes Prancis, atau tortillaMeksiko, sementara yang lainnya lebih mirip dengan kue dan kue Barat.
Istilahnya adalah bahasa Cina , tapi mungkin juga mengacu pada roti datar atau kue dari budaya lain. Crêpe dan pizza , misalnya, disebut sebagai keli bing (可 麗 餅) dan pisa bing (披薩 餅) masing-masing, berdasarkan suara nama Barat mereka, dan tortilla tepung dikenal sebagai ereng tipis Meksiko (墨西哥薄餅) berdasarkan negara asalnya.


Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bing_(bread)

4. Blaa Bread


Beberapa sumber melaporkan bahwa blaa diperkenalkan ke Waterford pada akhir abad ke-17 oleh orang Huguenot kata tersebut diduga berasal dari bahasa Prancisuntuk warna putih, blanc . [ rujukan? ] Teori ini diperdebatkan karena walaupun tepung putih ada pada abad ke-17, ini tidak banyak digunakan sampai produksi massal revolusi industri. Kemungkinan lain adalah turunan dari kata Prancis blé , yang digunakan untuk beberapa jenis tepung, atau akar bahasa Latin "blandus" yang memberi kata dalam bahasa Inggris "hambar" dan kata Spanyol untuk soft, blando.


Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Blaa

5. Brioche


Brioche (diucapkan [bʁi.ɔʃ]) adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur. Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Brioche

6. Brown Bread


Di Irlandia, selama Kelaparan, sebelum tahun 1848, roti cokelat (brown Bread) diserahkan kepada orang miskin. Di Inggris, roti coklat dibuat dari makanan berwarna coklat. Sekitar dan sebelum tahun 1845, makanan coklat dianggap sebagai produk gandum yang kurang diminati, dan harganya sesuai. Namun, pada tahun 1865, karena baru-baru ini menemukan manfaat kesehatan dari dedak, harga makan cokelat di London meningkat ke titik yang seringkali lebih besar daripada tepung yang terbaik.


Sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Brown_bread

7. Bubliks Breads



Dipercaya secara luas bahwa membuat bublik pertama kali dimulai di Smorgon (bekas Grand Duchy of Lithuania, sekarang di Belarus). The beigl (atau bagel) menyebar melalui Polandia di semua wilayah dengan populasi Yahudi yang signifikan, segera mencapai Ukraina, di mana ia dipengaruhi oleh produk serupa dan di mana ia mendapatkan bentuknya saat ini. Produk ini adalah baranki Rusia, koulouri Yunani(κουλούρι) atau simit Turki. Mereka membentuk cincin adonan sekitar dua kali lebih besar dari bagel biasa, biasanya dengan tekstur yang lebih padat dan lebih kering.Namanya juga sangat russified ke bentuk terkini - bublik .


Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bublik

8. Challah Bread


Challah ( apakah ini dipengaruhi atau dipengaruhi oleh Ashkenazic challah Istilah challah awalnya mengacu padamitzvah untuk memisahkan sebagian adonan sebelum mengepang. Bagian adonan ini disisihkan sebagai perpuluhan untuk Kohen. Dalam bahasa Ibrani, perintah ini disebuthafrashat challah , atau "memisahkan challah".Kewajiban ini berlaku untuk setiap roti, tidak hanya pada roti Sabat. Kata challah juga digunakan untuk merujuk pada jenis roti roti tertentu. 
Kata challah kemungkinan berasal dari akar kata Ibrani halal . Etimologi akar ini tidak pasti. Ini mungkin awalnya mengindikasikan kebulatan ("lingkaran") dan kemudian juga menunjukkan hollowness ("ruang"), atau sebaliknya. [3] Roti Sabat khusus pada awalnya disebut yachov dalam bahasa Ibrani, karena dipanggang dalam bentuk roti bundar. [ rujukan? ] . Ini juga berkonotasi "lepaskan" sesuatu, untuk menempatkan ruang di antara benda-benda, (seperti adonan diambil dari adonan roti keluarga, dan "lepaskan" kepada para imam. Sekarang juga dikenal sebagai roti cholla . Roti diadopsi oleh tukang roti di Polandia dan Kekaisaran Rusia dan dikenal sebagai chałka (kecil dari chała ) di Polandia dan khala (хала) di Belarus, Rusia dan Ukraina.


Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Challah

9. Chapati



Kata chapat (Hindi/Urdu:चपत/چَپَت‎, chapat) berarti "tepuk" mengacu pada metode tradisional dalam membentuk adonan menjadi bundar dengan menepuk adonan dengan tangan yang lembap. Setelah tiap tepukan, adonan bundar tersebut dibolak-balik. Chapati tercatat dalam tulisan Ain-i-Akbari karya Abu'l-Fazl ibn Mubarak, wazir(penasihat) dari Sultan Mughal Akbar yang Agung
Chapati merupakan salah satu jenis roti gandum yang menjadi makanan pokok di Asia Selatan. Butiran gandum yang terawetkan telah ditemukan di penggalian situs Mohenjo-daro merupakan spesies gandum yang serupa dengan gandum yang dipakai di India saat ini. Lembah Sungai Indus diketahui sebagai tanah asal-usul pertanian gandum. Chapati merupakan sejenis roti atau rotta. Kedua kata tersebut dapat dipakai secara bertukar.
Chapati serta berbagai jenis roti-roti lainnya telah diperkenalkan ke berbagai belahan dunia oleh para imigran Asia Selatan, terlebih oleh saudagar-saudagar India yang menetap di Asian Tengah, Asia Tenggara, pantai Afrika Timur, dan kepulauan Karibia.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Chapati

10. Crepe


Crêpe berasal dari Bretagne, sebuah wilayah di Perancis bagian barat, di mana crêpe disebut sebagai kramphouezh. Namun, konsumsi crêpe sekarang sudah meluas di seluruh Perancis. Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis yang disebut blintz. Di Bretagne, crêpes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. Di kawasan Eropa Tengah, makanan sejenis ini disebut palačinka(bahasa Ceko, Slowakia, Kroasia dan Slovenia), palatschinken (Austria), palacsinta(bahasa Hongaria). Semua julukan ini berasal dari kata Rumania plăcintă (bahasa Latinplacenta yang berarti 'kue'). Di kebanyakan daerah Jerman, crêpe disebut sebagai Pfannkuchen, dan dalam bahasa Belandapannenkoeken. Kedua kata ini, berasal dari kata 'pan' dan 'cake' yang masing-masing berarti 'pemanggangan' dan 'kue'.


Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Crêpe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :