Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY ( INDONESIA )

     Hari ini adalah hari dimana kelompok saya prepare bahan untuk mid besok dan saya akan menceritakan apa - apa saja yang saya lakukan. Saya datang kekampus pukul 09.45, setibanya saya dikitchen saya langsung mengecek bahan yang akan digunakan. Sambil menunggu chef Dino datang saya dan teman saya bercerita tentang apa yang akan dibuat. Kurang lebih pukul 10.25 chef Dino datang dan saya langsung mempersiapkan diri untuk memulai prepare. Setelah oneline chef Dino menjelaskan tentang apa yang harus kami lakukan/prepare untuk kelompok saya mendapatkan menu rotasi I.I yaitu chicken salad hawaian, shrimp bique, beef stew, zucchini ala provencale, baked potatoes, yellow butter cake dan french bread. Kemudian chef Dino menjelaskan beberapa cara memfillet ikan sole mulai dari skinning, difillet dan cara pengolahannya.

     Setelah itu kami langsung membagi section untuk prepare bahan. Saya dan Eryanto akan membuat yellow butter cake dan french bread, setelah terbagi kami langsung mengerjakan sesuai dengan sectionnya. Saya dan Eryanto membagi tugas saya membuat french bread. Kemudian saya menyiapkan bahan seperti tepung terigu, ragi, garam dan air. Pertama saya mencampurkan bahan kering kecual garam lalu aduk rata dan masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonannya menjadi kalis, setelah kalis adonan dirounding selama 2 menit kemudian diproofing selama 30 menit. Sambil menunggu adonan diproofing saya membantu Eryanto untuk membuat yellow butter cake, saya membantu menyiapkan moulding yang diolesi mentega dan tepung terigu. Setelah itu saya juga membantu Gita menyiapkan bahan untuk appetizer, saya menunjukkan bagaimana cara memotong cream cheese, bawang bombay, nanas juga untuk cruton bawang putih dana bawang merah.

     Kemudian adonan french bread yang telah diproofing saya rounding selama 5 menit lalu portion scale dan setelah portion scale saya pan proofing selama kurang lebih 10 menit tapi sebelum itu saya menyiapkan sit pan yang telah diolesi mentega dan tepung  terigu. Setelah itu saya bake selama 30 menit dengan suhu 250°C dan sambil menunggu french bread dibake saya membantu Eryanto lagi untuk moulding cakenya dan saya langsung bake kurang lebih 150°C. Saya juga membantu Azriel memotong beef. Setelah itu french bread  saya telah selesai dibake saya dinginkan dengan suhu ruangan. Kemudian membuat frosting untuk yellow butter cake yaitu cream cheese, gula, lemon dan whipping cream. Setelah bahan semua telah siap saya mix cream cheese dan gula hingga kaku lalu beri sedikit  perasan lemon dan ditempat terpisah saya juga mix whipping cream hingga kaku, setelah keduanya kaku campurkan disatu tempat/mixing bowl lalu simpan dicheeler.

     Setelah apa yang saya prepare selesai, saya melakukan general cleaning hingga selesai. Kemudian saya istrahat sambil menunggu teman yang lain selesai general cleaning. Dan kami dipanggil dipanggil chef Dino untuk membersihkan dan membenah chef office. Pada saat pukul 18.45 kami oneline dan bersiap untuk pulang.

     Pada hari senin yaitu hari mid bagi kelompok saya, saya datang pukul 07.25 setibanya saya dikitchen saya langsung mempersiapkan diri. Setelah itu tanpa menunggu chef Dino kami langsung doing, pada saat kami doing chef Dino dating datang dan langsung meminta kami oneline untuk menjelaskan mekanisme mid praktek. Kemudian setelah itu kami kambali doing dan pada saat pukul 11.00 semua makan sudah harus siap untuk dijelaskan direstoran.

     Pada pukul 12.00 restoran buka dan semua makanan telah keluar secara bergantian. Setelah restoran tutup kami langsung membersihkan alat dan area kerja yang telah kami gunakan dan kami langsung lanjut untuk general cleaning dan setelah general cleaning kami istrahat sambil menunggu chef Dino. Pukul 16.30 chef Dino meminta kami oneline dan menjelaskan tentang mid praktek kami dan puku 17.05 kami berdoa dan bersiap untuk pulang.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :