Langsung ke konten utama

FOOD TERMINOLOGI

1. Paella


Paella (/paɪˈɛlə/, (Katalan: [paˈeʎa, pə-]; bahasa Spanyol: [paˈeʎa])) adalah hidangan nasi khas dari Valencia, Spanyol. Paella memiliki akar sejarah kuno, namun tampilan modernnya berasal dari pertengahan abad ke-19 di daerah sekitar Teluk Albufera di pantai timur Spanyol, bersebelahan dengan kota Valencia. Banyak orang non-Spanyol memandang paella sebagai hidangan nasional Spanyol, namun kebanyakan orang Spanyol menganggapnya sebagai hidangan dari daerah Valencia. Masyarakat Valencia, pada gilirannya, menganggap paella sebagai salah satu simbol bagi daerah mereka.


Variasi dari paella bermacam-macam. Termasuk diantaranya paella Valencia, paella sayuran (Spanyol: paella de verduras), paella seafood (Spanyol: paella de marisco), dan paella campur (Spanyol: paella mixta), serta beberapa varian lainnya. Paella Valencia dipercaya merupakan resep paella yang asli dan terdiri dari nasi putih, kacang hijau (bajoqueta dan tavella), daging (ayam, bebek, dan kelinci), kacang putih (garrofón), siput, dan berbagai macam bumbu seperti saffron dan rosemary. Bumbu yang juga umum dipakai tetapi musiman adalah artichoke. Paella seafood mengganti daging dengan makanan laut serta menghilangkan kacang dan sayuran hijau. Paella campur adalah kombinasi bebas yang terdiri dari daging dari hewan darat, makanan laut, sayuran, dan kadang kacang. Kebanyakan koki paella menggunakan beras bomba karena cenderung tidak terlalu matang, tetapi orang Valencia cenderung menggunakan varian beras yang sedikit lengket (dan cukup sulit untuk cepat matang) yang dikenal sebagai Senia. Semua jenis paella menggunakan minyak zaitun.

2. Gazpacho


Sup Gazpacho, atau biasanya dipanggil gazpacho, paling dingin, Gazpacho merupakan makanan utama yang berasal dari wilayah Andalusia, Spanyol bagian selatan.

Gazpacho biasanya terbuat dari roti, bawang putih, minyak zaitun, garam, dan vinegar-sup roti dingin.

3. Bruschetta


Bruschetta adalah antipasto di kawasan Italia yang pertama kali ditemukan pada abad ke-15. Bahan utama makanan ini ialah roti. Bahan utamanya adalah roti yang dipanggang, bawang putih, minyak zaitun, garam, dan lada.

Roti Bruschetta dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah itu diberi mentega dan bawang putih.

Di Italia, Bruschetta sering dimasak menggunakan pemanggang brustolina. Pada region Abruzzo, Italia, disajikan variasi bruschetta yang terbuat dari salami, disebut ventricina.

4. Panini


Panini (bahasa Italia, panini [paˈniːni]) adalah roti lapis yang berasal dari Italia. Bagi kebanyakan negara yang menggunakan bahasa Inggris, kata panini merupakan kata jamak dari panino yang memiliki arti "roti lapis". Dan biasanya panini menggunakan roti utuh yang dipanggang, bukan roti yang dipotong.

Jenis roti yang biasa digunakan untuk membuat panini antara lain baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta. Roti kemudian dipotong secara horizontal dan biasanya diisi dengan irisan daging olahan seperti salami, mortadella ataupun prosciutto beserta dengan keju, irisan tomat dan tuna. Dan biasanya panini disajikan hangat setelah dipanggang menggunakan mesin press khusus yang disebut panini press.

5. Tortellini


Tortellini adalah pasta berbentuk cincin, kadang-kadang juga digambarkan sebagai "berbentuk seperti pusar", maka nama alternatif pasta ini adalah "pusar" (ombelico). Pasta ini biasanya diisi oleh campuran daging (daging babi pinggang, prosciutto) atau keju. Asalnya dari wilayah Emilia Italia (terutama Bologna dan Modena), pasta ini biasanya disajikan dalam sup dengan isi daging sapi, ayam, atau keduanya.

Tortellini dan tortelloni (mirip tetapi lebih besar, dengan keju dan / atau sayuran) dapat ditemui di seluruh dunia dalam bentuk kemasan atau makanan beku, terutama jika ada komunitas besar Italia. Tortellini dan tortelloni dibuat di Eropa untuk memasok pasar di Eropa atau tempat lain. Tortellini "segar" yang dikemas biasanya memiliki jangka waktu selama 7 minggu.

6. Tiramisu


Tiramisù (Tiramesù) adalah kue keju khas Italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Kue ini merupakan hidangan penutup yang dimakan dengan sendok, sehingga digolongkan ke dalam hidangan "al cucchiaio" ("dengan sendok").

Kue ini tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang. Bahan dasarnya adalah biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Biskuit disusun dan dilapisi dengan krim kocok sebelum didinginkan di dalam lemari es supaya bentuk kue tidak hancur sewaktu dihidangkan.

Ciri khas kue ini adalah perpaduan tekstur kue yang lembut dengan rasa kopi dan keju yang kuat. Biskuit yang disebut biskuit Savoiardi, telur ayam, gula, kopi, dan bubuk kakao adalah bahan utama bagi resep asli tiramisu. Menurut resep aslinya, kue ini berbentuk bundar, dan tidak dicampur minuman beralkohol (rum, anggur Marsala, atau konyak) karena awalnya dibuat untuk anak-anak dan orang tua.

7. Gelato


Gelato (bahasa Italia: dʒeˈlaːto; jamak: Gelati [dʒeˈlaːti]) adalah es krim khas dari negara Italia. Nama gelato berasal dari bahasa Italia yang artinya "beku". Gelato terbuat dari bahan utama seperti susu, krim, dan gula. Kemudian diberi tambahan variasi rasa mulai dari buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya. Apabila dibandingkan dengan es krim pada umumnya, Gelato memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Gelato biasanya mengandung sedikit udara dan memiliki lebih banyak varian rasa daripada makanan penutup beku lainnya, memberikan kepadatan dan kekayaan rasa yang membedakannya daripada es krim lainnya. Gelato disajikan layaknya es krim pada umumnya, seperti dalam cup, kerucut, gelas, isian roti, kue, dan wadah lainnya.

8. Feijoada


Feijoada adalah sup kacang hitam denpi atau babi, yang merupakan makanan yang terkenal di Portugis, dan juga Brasil, Angola dan semua koloni Portugis. Di Brazil, feijoada dianggap sebagai makanan nasional.

Bahan utama Feijoada Brazil adalah kacang hitam, dengan berbagai jenis daging babi atau sapi yang diasinkan dan berbagai bagian tubuh babi (telinga, ekor, kaki), rusuk babi yang diasapi, dan setidaknya dua jenis sosis asap dan empal sapi (iga dan lidah).

Sup ini lebih baik dimasak dengan api kecil dan dimasak di panci tanah liat yang tebal. Setelah matang kacang dan potongan daging tertutupi oleh kuah berwarna ungu-kecokelatan. Kuah ini berbau tajam, cukup asin namun tidak pedas, rasanya didominasi oleh kacang hitam dan daging yang direbus.

9. Waterzooi


Waterzooi adalah rebusan klasik dari Flanders. Namanya diambil dari bahasa Belanda, "zooien" yang berarti "merebus". Kadang disebut Gentse Waterzooi (dalam bahasa Belanda) yang mengacu pada Ghent, sebuah kota di Belgia.

Bentuk asli terbuat dari ikan, baik air tawar atau laut, (viszooitje), meskipun sekarang waterzooi ayam (kippenwaterzooi) lebih umum. Teori yang paling diterima yaitu sungai-sungai di Ghent menjadi sangat tercemar dan ikan disana menghilang. Rebusan terbuat dari ikan atau ayam, sayuran termasuk wortel, daun bawang dan kentang, herba, telur, krim dan mentega.

Biasanya, ikan seperti belut, tombak, ikan mas dan bass yang digunakan. (Ikan lain seperti ikan kod, monkfish, atau halibut dapat digunakan.) Gentse Waterzooi van Kip memakai ayam, sedangkan Gentse Waterzooi van Tarbot' memakai ikan turbot.

Baik versi ayam maupun ikan, keduanya memakai kuning telur dan kaldu kental dan biasanya disajikan sebagai sup dengan baguette untuk menyerap cairannya.

10. Stamppot


Stamppot (bahasa Indonesia: kentang lumat) merupakan hidangan tradisional Belanda yang terbuat dari kombinasi kentang lumat dengan satu atau beberapa sayuran lainnya, kadang-kadang juga dengan daging asap. Sayuran yang digunakan mencakup sauerkraut, endive, kale, bayam, lobak hijau, atau wortel dan bawang bombay (kombinasi yang terakhir ini dikenal sebagai hutspot). Ini biasanya disajikan dengan sosis asap atau daging rebus. Stamppot dapat dibeli di toko-toko dan supermarket atau juga dapat dipesan di restoran ala kafe.

Asal usul stamppot tidak diketahui tetapi hidangan Belanda ini dikenal luas dan dapat menjadi hidangan yang murah, lezat dan berisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :