Langsung ke konten utama

DESCRIBES OF INGREDIENTS

LENGKUAS

Hasil gambar untuk lengkuas

Lengkuas, laos atau kelawas (Karo) (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah Alpinia purpurata K Schum.

Lengkuas adalah terna tegak yang tingginya 2 m atau lebih. Batangnya yang muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua. Seluruh batangnya ditutupi pelepah daun. Batangnya ini bertipe batang semu. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berbentuk daun lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, dan tepinya rata. Ukurannya daunnya adalah: 25-50 cm × 7-15 cm. Pelepah daunnya berukuran 15-30 cm, beralur, dan berwarna hijau. Perbungaannya majemuk dalam tandan yang bertangkai panjang, tegak, dan berkumpul di ujung tangkai. Jumlah bunga di bagian bawah lebih banyak daripada di atas tangkai, dan berbentuk piramida memanjang. Kelopak bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih kehijauan. Mahkota bunganya yang masih kuncup pada bagian ujung warnanya putih, dan bawahnya berwarna hijau. Buahnya termasuk buah buni, bulat, keras, dan hijau sewaktu muda, dan coklat, apabila sudah tua. Umbinya berbau harum, ada yang putih, juga ada yang merah. Menurut ukurannya, ada yang besar juga ada yang kecil. Karenanya, dikenal 3 kultivar yang dibedakan berdasarkan warna dan ukuran rimpangnya. Rimpangnya ini merayap, berdaging, kulitnya mengkilap, beraroma khas, ia berserat kasar, dan pedas jika tua. Untuk mendapatkan rimpang muda yang belum banyak seratnya, panen dilakukan pada saat tanaman berusia 2,5-4 bulan.

Kandungan nutrisi pada lengkuas
Kandungan Nilai Per 100 g
Total Fat 0,6 g
Sodium 11,8 g
Carbohydrates 15,3 g
Net carbs 12,9 g
Fiber 2,4 g
Protein 1,2 g
Vitamins and minerals
Vitamin A 0 µg
Vitamin C 0 mg
Calcium 0 mg
Iron 0 mg
Fatty acids
Amino acids


Lengkuas Mencegah Kanker
Manfaat yang paling menarik dari lengkuas adalah sebagai anti kanker. menurut sebuah badan penelitian ilmiah besar, adalah kemampuannya untuk melawan dan berpotensi mencegah munculnya serangan kanker dan tumor.

Kanker lambung
Sebuah studi pada tahun 2014 di Iran menemukan bahwa ekstrak cairan lengkuas secara signifikan menghancurkan jumlah sel kanker lambung dalam tes laboratorium setelah 48 jam, menyebutnya “hasil yang menonjol”.

Leukemia
The Research in Jamaica menunjukkan bahwa lengkuas bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi leukemia. Namun, perlu lebih banyak penelitian yang diperlukan untuk mempelajari efek ekstrak legkuas ini pada sel sehat sebelum mengujinya dalam subjek hidup.

Melanoma
Periset Universitas Chiayi Nasional di Taiwan mempelajari efek tiga senyawa dari akar lengkuaspada sel melanoma manusia (kanker kulit). Ketiga senyawa ini memiliki efek “antiproliferatif”, yang berarti menghentikan pertumbuhan sel baru.

Kanker pankreas
Sebuah penelitian yang dirilis pada 2017 menguji berbagai senyawa dari lengkuas di laboratorium dan pengaruhnya terhadap sel kanker pankreas, mereka menemukan bahwa lengkoas mampu menghentikan pertumbuhan sel baru dan menekan gen patogen yang bertanggung jawab untuk mengembangkan efek kanker.

Kanker usus besar
Efek lengkuas pertama kali dipelajari terhadap sel kanker usus manusia pada tahun 2013, para ilmuan menemukan bahwa hal ini dapat menyebabkan apoptosis atau (kematian sel) pada dua jenis kanker usus besar.

Kanker payudara
Pada tahun 2014, Iranian university menemukan bahwa ekstrak lengkuas menghasilkan apoptosis di sel kanker payudara manusia. sebuah medical university study China juga menemukan bahwa lengkoas bisa digunakan untuk pengobatan alternatif karena mampu merangsang kematian sel pada sel kanker payudara.

Kanker Hati
Taiwan study in 2015 menyelidiki efek dari senyawa lengkuas yang diekstraksi pada sel HepG2 (kanker hati) menemukan bahwa senyawa alami tersebut mampu menurunkan metastatik/penyebaran kanker dengan menghentikan sel agar tidak menempel ke bagian sel sehat lainnya.

Meningkatkan Fungsi dan Jumlah Sperma
Beberapa bagian akar lengkuas mungkin berguna dalam mempromosikan kesuburan pria. Dalam model tikus, para periset di Iran menemukan bahwa hal itu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas (atau kemampuan untuk bergerak).


Satu studi di Denmark melihat efek rimpang lengkuas, dipasangkan dengan ekstrak buah delima, ada pada sperma pada pria manusia sehat. Periset menemukan bahwa jumlah sperma motil meningkat tiga kali lipat jumlah plasebo.

Bertindak sebagai Agen Anti-Inflamasi


Kebanyakan penyakit terjadi karena adanya peradangan. Ini berarti bahwa peradangan kronis dikaitkan dengan perkembangan sejumlah besar penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer dan beberapa lainnya. Akar lengkuas menunjukkan efek antiinflamasi pada tubuh pada umumnya dan terhadap kondisi tertentu.

Ramuan herbal dengan menggunakan lengkuas ini juga bisa membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan arthritis. Dalam penelitian tahun 2001, subjek yang mengambil senyawa termasuk lengkuas dan jahe menunjukkan penurunan yang signifikan pada nyeri lutut dan kebutuhan obat dan status keseluruhan.

Kondisi lain yang bisa diobati dengan salah satu fitonutrien dalam lengkuas (kaempferol) adalah mastitis. Mastitis adalah radang puting susu yang berkaitan dengan menyusui. penelitian menunjukan bahwa kandungan kaempferol mampu mengatasi peradangan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :