Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY ( INDONESIA )

     Hari ini adalah hari kedua di minggu praktek menu rotasi 2. Seperti biasa, pagi ini kami melakukan oneline pukul 08.00. Sebelum masuk ke kitchen, terlebih dahulu kami melakukan absen dan mengecek perlengkapan. Setelah itu, kami pun masuk ke kitchen dan menyimpan tas di loker. Hari ini kami kembali melakukan praktek di cold kitchen dan juga tanpa pengawasan dosen. Sebelum praktek dimulai, kami melakukan foto bersama dengan supervisor. Setelah itu, pukul 09.00 kami pun memulai praktek.

     Untuk section appetizer, kami telah membuat jalangkote di hari sebelumnya dan akan digoreng sebelum restoran dibuka pukul 12.00. Selain itu, kami juga membuat sambal untuk jalangkote. Adapun bahannya seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah besar, air perasan jeruk nipis, air, gula dan garam. Seperti pada gambar-gambar di bawah ini :


Bahan-bahan untuk membuat sambal jalangkote

Membuat sambal jalangkote

Hasil dari sambal jalangkote

    Setelah selesai, kami pun memprepare bahan-bahan untuk hidangan besok. Hari ini kami kembali mengulang menu rotasi 2.4. Jika sebelumnya kelompok saya mendapat section dessert, yaitu dorayaki, hari ini kami mendapat section main course, yaitu sushi. Adapun bahan-bahan maupun pelengkap yang kami prepare adalah membuat saus teriyaki dan saus batayaki, memblanch gurita lalu diiris menyerong dan memisahkan udang dari kulit dan kotorannya. 

     Saat makan siang, kelompok saya berbagi tugas untuk membuat orderan seperti, menggoreng jalangkote, memplating dan membawanya ke aboyer. Untuk appetizer, hari ini kami telah menyajikan 40 porsi. Setelah restoran tutup, kami pun melakukan general cleaning. Kemudian dilanjutkan dengan beristirahat dan makan bersama. Pukul 17.00 kami melakukan oneline dan mendapat banyak arahan dari dosen dan juga chef. Setelah itu, kami pun pulang ke rumah masing-masing. 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :