Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY ( INDONESIA )

     Hari ini adalah hari pertama di minggu kedua menu rotasi 2. Seperti biasa, kami melakukan oneline pukul 08.00. Dan dilanjutkan dengan mengecek perlengkapan, seperti sapu tangan, sendok dan pisau kecil. Selain itu, kami juga mengecek grooming dan kebersihan kuku. Setelah itu, kami pun masuk ke dalam kitchen dan menyimpan tas di dalam loker yang telah disediakan.

     Biasanya kami melakukan praktek di main kitchen, tapi hari ini kami praktek di cold kitchen. Seperti minggu-minggu sebelumnya, di hari pertama praktek kami hanya memprepare bahan-bahan, dan akan diselesaikan besok. Hari ini kami telah memasuki menu rotasi 2.3, yaitu Indonesian food, seperti jalangkote, sosok utan, konro bakar, nasi putih dan pisang ijo. Di menu kali ini, kelompok saya mendapat section appetizer, yaitu jalangkote. Sebelum mulai memprepare, supervisor memberitahu kami untuk melakukan review. Setelah selesai, kami pun memprepare semua bahan-bahan yang dibutuhkan.

     Di section appetizer, terlebih dahulu kami memprepare isiannya, seperti daging cincang, wortel dan kentang yang dipotong brunoise, daun bawang yang diiris tipis, tauge, bihun, bawang merah dan bawang putih yang dicincang kasar. Setelah itu, kami pun memblanch sayuran satu per satu dan dilanjutkan dengan menumis semua bahan. Selain itu, kami juga merebus telur sebagai pelengkap isiannya. Seperti pada gambar-gambar di bawah ini :

  
Bahan-bahan untuk isian jalangkote

Memotong semua bahan isian

Memblanch sayuran untuk isian

Menumis isian jalangkote

Merebus telur

     Kelompok kami mendapat banyak bantuan dari section lain, karena proses pembuatan jalangkote membutuhkan waktu yang lama. Jumlah dari jalangkote yang telah diprepare adalah 195 buah dari dua kali pembuatan adonan. Praktek hari ini sangat berbeda dari praktek-praktek sebelumnya, karena tidak ada dosen yang mengincharge di kelas kami. Dan kami hanya dihandle oleh tiga orang supervisor.

     Setelah semua section selesai, pukul 15.30 kami pun melakukan general cleaning dan dilanjutkan dengan beristirahat. Setelah itu, pukul 17.00 kami pun melakukan oneline di depan kitchen dan mendapat beberapa arahan dari supervisor. Selain itu, kami juga diberikan tugas mengenai jenis-jenis dressing dan jenis-jenis keju. Setelah itu, kami pun melakukan foto bersama dan pulang ke rumah masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :