Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY

     Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, hari ini pukul 07.00 kami sudah harus berada di kitchen untuk menyelesaikan menu Indonesian Buffet yang sudah kami prepare sebelumnya. Adapun menunya ialah Dojang Nakeng, Rujak Mie, Terong Santan, Pelecing Sayur, Rendang Daging, Ayam Bakar Taliwang, Doko-doko Cangkuning dan Bubuh Injin. Hal pertama yang kelompok 2 lakukan adalah mengeluarkan beef untuk Rendang Daging dan chicken untuk Ayam Bakar Taliwang dari Zip Bag untuk didinginkan setelah melalui proses Sous Vide. Karena bumbu dari Rendang Daging kurang, saya pun membuat kembali bumbunya untuk dimasak secara terpisah dan baru dicampur saat proses finishing.
Terong Santan

Plecing Sayur
Rendang

Ayam Bakar Taliwang
     Berhubung hari ini adalah hari terakhir di minggu praktik, jadi kami tidak melakukan preparation. Sehingga kami juga bisa lebih cepat melakukan general cleaning, bahkan kami sudah selesai sebelum pukul 12.00. Tapi kami diberitahukan oleh dosen in-charge untuk membuat product yang akan dijual, serta menu untuk makan bersama setelah melakukan general cleaning keesokan harinya. Adapun menu yang kami buat adalah Jalangkote dan Panada. Kami pun berbagi tugas untuk membuat adonan, membuat isian, membentuk adonan, serta proses penggorengan setengah matang. Tepat pukul 17.00 semua preparation telah selesai dan kami pun melakukan oneline, kemudian pulang ke rumah.

Proses Pembuatan Jalangkote
Pembuatan Panada

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :