Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY

     Memasuki praktik, hari ini kami memulai kegiatan kitchen dengan melakukan oneline dan menerima arahan dari dosen in-charge mengenai pengisian form pengambilan bahan. Jadi, setiap mahasiswa yang mengambil bahan, baik poultry, seafood, meat, vegetable, herbs, dll, harus mengisi form yang telah disediakan sesuai dengan quantity bahan yang digunakan. Menariknya, form yang kami isi bukanlah form kertas, melainkan menggunakan website khusus.


     Hari ini kami memprepare Oriental Buffet yang merupakan gabungan dari Thailand Food, Japanese Food dan Chinese Food. Seperti biasa, di hari pertama minggu praktik kami hanya melakukan preparation saja. Dan kali ini kelompok saya mendapat menu Dessert, yaitu Tang Yuan, Khao Heow Ma Muany dan Tang Zhong. Adapun menu yang saya dan beberapa teman saya kerjakan adalah Tang Yuan. Hal pertama yang kami lakukan adalah membuat isiannya dengan bahan dasar black sesame, sugar dan melted butter. Setelah itu, dilanjutkan dengan membuat kuahnya, yaitu water, sugar, ginger, cinamon dan pandan leaf. Kemudian, kami pun membuat adonan Tang Yuan dengan membagi adonannya menjadi 4 warna yang berbeda, lalu diberi isian yang telah dibuat sebelumnya, lalu direbus hingga matang.

Buat Isi Tang Yuan
Kuah Tang Yuan
Merebus Tang Yuan
Tang Yuan
     Pukul 11.00 semua preparation telah selesai, dan beberapa teman kami membuat makanan untuk makan siang. Tepat pukul 14.30 kami sudah selesai melakukan general cleaning. Karena hal tersebut, kami bisa beristirahat lebih cepat dari hari-hari sebelumnya. Dan akhirnya, pukul 16.30 kami sudah oneline di depan kitchen, lalu kembali ke rumah masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :