Langsung ke konten utama

DESCRIBES SOME INGREDIENTS

 1. Jahe (Ginger)
Hasil gambar untuk jahe

     Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

     Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

     Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

     Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Terdapat tiga jenis jahe yang populer di pasaran, yaitu:

1. Jahe gajah/jahe badak
    Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih.

2. Jahe kuning
    Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning.

3. Jahe merah
    Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.

      Jaher atau Ginger mengandung berbagai nutrisi atau gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi atau gizi dan mineral yang dikandung oleh Jahe.
Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 80kcal
Karbohidrat 17,77g
Air 78,89g
Protein 1,82g
Gula 1,7g
Serat 1,7g
Lemak 0,75g
Vitamin A 0µg
Vitamin C 5mg 6%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0mg
Vitamin B1 (Thiamine) 0,025mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,034mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,75mg 5%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,203mg 4%
Vitamin B9 (Folat) 11µg 3%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,6mg 5%
Magnesium 43mg 12%
Fosfor 34mg 5%
Potassium (Kalium) 415mg 9%
Sodium 13mg 1%
Seng (Zinc) 0,34mg 4%

Aneka jenis olahan :
1. Roti Jahe
Roti jahe adalah makanan-produk manis dibumbui dengan jahe dan biasanya menggunakan madu atau molasses (sirup) bukan hanya gula. Makanan roti jahe bervariasi, mulai dari yang lembut, lembab roti kue untuk sesuatu yang dekat dengan biskuit jahe.

2. Asinan Jahe
Asinan jahe merupakan salah satu bentuk olahan jahe (segar). Jepang dan Timur Tengah adalah pasar terbesar jahe awet ini.

3. Acar Jahe
Acar jahe memanfaatkan air garam dan cuka manis sedangkan jahe yang diawetkan menggunakan gula dan garam dalam pembuatannya. Acar jahe sering disajikan sebagai hidangan pembuka sedangkan acar jahe merah muda umum disantap bersama sushi, yang disebut sebagai gari.Dan masih banyak lagi olahan berbahan dasar jahe.

Sumber : https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-jahe-manfaat-jahe-bagi-kesehatan/
https://sinduamritha.com/dnews/20006/aneka-olahan-makanan-dan-minuman-yang-terbuat-dari-jahe.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Jahe

2. Lengkuas (Galangal)

Hasil gambar untuk lengkuas 

     Lengkuas, laos atau kelawas (Karo) (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, sedangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah

1. Karakteristik lengkuas.
     Lengkuas atau laos merupakan salah satu jenis umbi tanaman yang masuk dalam keluarga rimpang seperti halnya jahe dan kunyit, bedanya kulit lengkuas cenderung mengkilat. Jenis rempah ini memiliki aroma yang khas dan tajam sehingga berbagai jenis masakan tidak akan lengkap tanpa  lengkuas.

2. Penggunaan lengkuas di negara lain.
     Lengkuas atau laos ini banyak ditemukan tumbuh di sebagian besar negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Pada awalnya fungsi utama lengkuas adalah untuk bumbu masakan dan pengobatan tradisional, terutama di China dan Jawa. Tapi dalam perkembangannya, lengkuas telah dimanfaatkan secara luas di Eropa dan Timur Tengah.

3. Fungsi dan kegunaan lengkuas.
     Sebagai salah satu bumbu dapur, lengkuas memberikan cita rasa dan aroma khas yang kuat pada masakan. Selain itu, lengkuas mampu menonjolkan cita rasa pedas dari bumbu yang berbahan dasar cabai, bawang putih, dan bawang merah.

4. Manfaat lengkuas untuk kesehatan.
     Dalam berbagai masakan lengkuas memang mampu memberikan cita rasa yang harum dan segar. Manfaat bagi kesehatan, kandungan zat aktif semacam alonin, galangol, dan resin di dalam lengkuas bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi perut kembung, diare, reumatik, dan demam.

5. Cara penyimpanan dan pengolahan.
     Untuk penyimpanannya sendiri cukup mudah. Letakkan lengkuas di dalam wadah yang terbuka, kering dan cukup di suhu ruangan saja.

Kandungan nutrisi pada lengkuas
Kandungan Nilai Per 100 g
Total Fat 0,6 g
Sodium 11,8 g
Carbohydrates 15,3 g
Net carbs 12,9 g
Fiber 2,4 g
Protein 1,2 g
Vitamins and minerals
Vitamin A 0 µg
Vitamin C 0 mg
Calcium 0 mg
Iron 0 mg
Fatty acids
Amino acids

Sumber : https://resepkoki.id/manfaat-dan-karakteristik-lengkuas-atau-laos/
https://zahranmuhammad.blogspot.com/2018/04/describes-of-ingredients.htm 

3. Bawang Putih (Garlic)
Hasil gambar untuk garlic


     Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Setiap tumbuhan bawang putih pasti memiiki batang, akar, daun, bunga, tandan bunga dan umbi. berikut penjelasannya :

 1. Batang, batang bawang putih berukuran kecil (Corpus) dengan ukuran 0,5 - 1 cm dan memiliki tinggi sekitar 30 - 70 cm. 
2. Akar, kebanyakan tumbuhn memiliki akar, akar yang dimiliki bawang putih adalah akar serabut yang berbentuk seperti serabut - serabut kecil. 
3. Daun, dau yang dimiliki bawang putih berbentuk seperti pita dengan lebar 0,4 - 2,5 cm dengan panjang 60 cm. daunnya bergaris, datar dan kompak, selain itu tepi daun rata sedangkan ujungnnya runcing.
4. Bunga, Bawang putih tersusun secara majemuk dalam bentuk payung seerhana yang muncul disetiap anak umbi memiliki 1 - 3 pelindung berupa daun berbentuk selaput.
5. Tandan bunga, memiliki 6 daun letaknya dipangkal atau bebas, berbentuk memanjang dan runcing. Warnanya ada yang kehijauan dan ada yang putih keunguan.
6. Umbi, umbi bawang putih merupakan umbi majemuk yang berbentuk hampir bundar dengan garis tengah 3 - 6 cm. Umbi tersebut terdiri dari sekitar 8 - 20 siung bawang putih diselimuti oleh 3 - 5 selaput putih tipis.

Bawang putih memiliki dikenal memiliki bau yang khas, rsanya cukup pedas dan terasa getir apabila dimakan mentah. Jika penggunaan bawang putih berlebihan akan menghasilkan efek yang tidak cukup baik, seprti akan mengalami mual, memiliki bau yang tidak sedap (mulut,badan) yang dikarenakan adanya metabolit dialildi-sulfida, alim, oliglsulfida dan dialiltrisulfida.

Menurut Martinez (2007) bawang putih mengandung senyawa organsulfur sangat baik bagi untuk pengobatan, senyawa organsulfur antara lain :

1. Senyawa S-ak(In)-il-L-Sistein sulfoksida (ACSOs) seperti Alliin bermanfaat untuk anti bakteri.
2. Senyawa sulfur volatin seperti Alliicin yang mudah sekali berubah menjadi senyawa lain seperti dalil sulfida efek terdoekomposisi karena dipengaruhi oleh linkungan seperti panas.
3. Senyawa sulfur seperti DADS yang dapat larut dalam lemak.
4. Senyawa sulfur yang larut dalam air seperti SAC sistem terbentuk dari reaksi enzimatik Y-glutamilsisteine saat bawang putih diekstraksi.


Hampir semua masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu utamanya, baik itu salad, sop, atau masakan lain. Selain menambah cita rasa gurih, bawang putih juga cocok untuk memberi rasa yang khas bagi masakan. Selama ini, bawang putih lebih banyak dikenal dan digunakan sebagai bumbu masakan,

Source : https://agroteknologi.web.id/klasifikasi-dan-morfologi-bawang-putih/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-makan-bawang-putih-mentah/
http://www.trikdiet.com/manfaat-bawang-putih-untuk-masakan-dan-kesehatan.html
































Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :