Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY

     Hello guys, hari ini adalah hari pertama saya memulai praktek setelah selesai dari training selama 6 bulan. Sebelum itu pak Ical meminta bantuan untuk dibuatkan sous vide poach egg dan sous vide hollandaise sauce. Saya datang pukul 06.15 WITA, setelah itu saya preheat air untuk sous vide dan disela - sela itu saya menyipkan bahan untuk hollandaise sauce. Saat Rifqi tiba kami langsung doing untuk membuat sous vide poach egg dan sous vide hollandaise.

     Kemudian kami diberi tugas untuk melakukan general cleaning terlebih dahulu, karena kitchen telah direnovasi. Setelah jam 10.00 WITA kami oneline dikitchen area, kami membahas sedikit tentang beberapa teknik dan cara perhitungan jumlah bahan untuk buffet. Untuk hari ini kami hanya prepare bahan saja, karena bahan hari ini belum lengkap jadi preparan akan dilanjutkan esok hari.

     Dan untuk materi hari ini adalah Indonesian buffet, yang dimana terdiri dari :
Dojang Nakeng
Rujak Mie
***
Soto Banjar
Ikan Cuka
***
Nasi Putih
Terong Santan
Plecing Sayur
Rendang
Ayam Bakar Taliwang
***
Doko - Doko Cangkuning
Bubuh Injin

Untuk kelompok saya mendapatkan appetizer yaitu dojang nakeng dan rujak mie, setelah kami prepare. Saya membantu Ica untuk sous vide ayam taliwang untuk pak Ical. Pada pukul 17.45 WITA kami oneline didepan kitchen dan pak Ical menjelaskan sedikit tentang apa - apa saja yang harus dilakukan disemester 4 ini.


Sous Vide Poach Egg
145° F / 45 Menit


Garnish Untuk Rujak Mie 1
Garnish Untuk Rujak Mie 2


Bahan Dressing Untuk Rujak Mie



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :