Langsung ke konten utama

DAILY ACTIVITY ( INDONESIA )

     Minggu ini kami kembali mempraktekkan menu rotasi 2. Seperti biasa, kami melakukan oneline pukul 08.00 dan dilanjutkan dengan absen dan mengecek grooming. Setelah semuanya lengkap, kami pun masuk ke dalam kitchen dan menyimpan tas ke dalam loker. Setelah itu, kami kembali melakukan oneline, minggu ini kami kembali praktek di main kitchen.

      Seperti biasa, hari pertama praktek kami hanya memprepare bahan-bahan. Adapun hidangan yang kami prepare adalah menu rotasi 2.1 yaitu chinese food, seperti chinese spinach and peanut salad, traditional egg drop soup, beef rice bowl, tang yuan dan tang zhong. Sebelum memulai prepare, setiap perwakilan kelompok yang menghandle hidangan appetizer hingga dessert menjelaskan cara pembuatan masing-masing hidangan kepada kelompok yang akan prepare hari ini. Setelah selesai, kami pun melakukan foto bersama dengan supervisor. Dan kemudian melakukan prepare.
       Hari ini kami mendapat section soup, yaitu traditional egg drop soup atau asparagus soup. Untuk soup, kami hanya membuat chinese stock. Adapun bahan-bahannya adalah ayam utuh, jahe, daun bawang dan bawang putih.

Bahan-bahan untuk chinese stock

Membuat chinese stock

       Saat sedang memprepare, Chef datang dan menyuruh kami untuk oneline. Seperti biasa, Chef memberi kami arahan mengenai hidangan hari ini. Selain itu, Chef juga menyuruh kami untuk membuat egg dishes, seperti sunny side up dan turn over. Dan setelah jadi, kami harus memperlihatkan hasilnya kepada Chef.
Turn Over & Sunny Side Up
       Setelah semua preparean dan membuat egg dishes selesai, kami diberi waktu 1 jam untuk beristirahat. Setelah itu, pukul 13.00 kami pun kembali ke kitchen dan melakukan general cleaning. Adapun section yang saya bersihkan adalah stove. Setelah itu, kami pun beristirahat. Saat sedang beristirahat, Chef menyuruh kami melakukan oneline dan memperlihatkan cara memotong jamur shitake. Pukul 16.00 kami pun oneline untuk pulang ke rumah masing-masing. Tidak seperti biasanya, hari ini kami pulang sangat cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :