Langsung ke konten utama

MY ACTIVITIES 1

   Hello guys, pada bulan ini saya telah memasuki semester 3 yang dimana pada bulan ini juga saya melakukan kegiatan praktek kerja nyata dihotel The Westin Jakarta. Saya melakukan praktek kerja nyata ini selama 6 bulan kedapan bersama kedua teman saya yaitu Agung Resky Ananda dan Muh, Rifqi Widyansyah. Baik saya akan menceritakan kegiatan praktek kerja nyata saya selama 2 minggu ini. Pada tanggal 16 Juli kami datang kehotel The Westin Jakarta untuk melakukan pembekalan bersama HRD/staff hotel, pada saat kami tiba kami langsung segera masuk keruangan yang telah disediakan, dan pada saat jam 09.30 kami melakukan kegiatan pembekalan yaitu pengenalan hotel sampai jam 20.21 dan untuk kendaraan, kami menggunakan bus transjakarta.

   Pada saat masuk kitchen saya langsung diajak oleh Sous Chef Banquet untuk melihat-lihat atau melakukan penganalan disekitar area kitchen. setelah itu saya langsung disuruh prepare bahan untuk lunch diBandung Room sebnyak 50 pax. Untuk waktu kerja disini sangat panjang yaitu 12 jam dan bisa lebih, huuuu sangat melelahkan bukan terlebih lagi pekerjaan yang lumayan berat. dan pada awal dimana kami bekerja kami bertiga sangat kelelahan ditambah lagi dengan rasa yang ingin menyerah, tetapi kami mendapat masukan dari dosen untuk tetap menjalani dan tetap bertahan dikegiatan praktek kerja nyata  ini.

   Dan dalam 2 minggu event sangat banyak sehingga saya masuk kerja jam 05.19 sampai jam 18.30. untuk pekerjaan saya biasa membantu membuat preparan untuk event besok. Dan biasa juga saya yang membuat suatu produk untuk event atau biasa juga saya menset up buffet. Dalam 2 minggu ini saya telah mendapat beberapa pelajaran seperti cara membaca EO (event order), teknik memasak dalam jumlah yang sangat besar.




Vegetable tempura


Set up buffet untuk bread


Egg Station


Proses pembekalan mengenai HACCP


Proses labeling, untuk mengetahui tanggal pembuatan hingga exp


Kitchen banquet


Display buffet untuk pastry

 

Proses tour hotel


Pembekalan hari pertama mengenai hotel The Westin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTENSIL & EQUIPMENT

UTENSIL  1. Meat Hammer Fungsi : Untuk memipihkan daging Material :  Cara membersihkan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakain air bersih 2. Fish Scissor Fungsi : Alat khusus untuk menggunting bagian-bagian ikan Material : Stainless stell dan plastik Cara membersikan : Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih 3. Potatoe Cutter Fungsi : Alat ini  dapat diatur agar hasil yang diperoleh sesuai dengan bentuk potongan yang diinginkan  Material : Stainless steel Cara membersihkan :  Dicuci dengan sabun lalu dibisal memakai air bersih EQUIPMENT 1. Baking Oven Fungsi : Oven yang digunakan untuk membakar roti dan kue Material : Stainless steel Cara membersihkan : Dilap menggunakan napkin/serbet yang basah 2. Range Tops Fungsi : Alat memasak dengan sumber panas yang dihasilkan dari gas, listrik. Suatu alat (kompor) yang digunakan untuk memasak Material : Stainless stell, besi, baja Cara membersihkan :